3 Teknik Dasar Dalam Bermain Tenis Lapangan Untuk Pemula

3 Teknik Dasar Dalam Bermain Tenis Lapangan Untuk Pemula. Mempunyai teknik dasar dan fisik yang prima memang merupakan hal yang sangat penting dalam latihan tenis. Tetapi untuk para pemula yang baru memegang raket pasti akan merasa canggung saat memukul bola tenis.

Supaya kamu dapat bermain tenis dengan benar, hal pertama yang harus kamu pelajari dulu adalah teknik dasar dalam bermain. Banyak sekali teknik dasar yang harus kamu pelajari dahulu, seperti cara memegang raket, cara memukul dan lain sebagainya. Berikut ini kami akan memberikan 3 teknik dasar dalam bermain tenis lapangan untuk pemula yang harus kalian pahami terlebih dahulu agar kamu dapat mempelajari seluk-beluk permainan tenis, antara lain:

3 Teknik Dasar Dalam Bermain Tenis Lapangan Untuk Pemula

  • Teknik Memegang Raket

Teknik dalam memegang raket tenis berbeda dengan memegang raket bulutangkis. Dalam permainan tenis pegangannya harus di ujung raket. Kondisi raket tenis cukup berat, oleh karena itu harus kalian perhatikan saat mempelajarinya.

Teknik #1: Eastern Grip

Eastern grip adalah teknik yang paling mudah untuk para pemula, karena caranya hampir sama seperti saat menjabat tangan, yaitu dengan memegang leher dari raket lalu turun ke ujung gagang. Teknik pegangan ini sangat mudah untuk memukul bola.

Teknik #2: Western Grip

Cara menggunakan teknik ini hampir sama dengan cara memegang kuali, dimana posisi ujung telunjuk di bawah raket. Cara ini sangat cocok digunakan dalam pukulan ekstrim dan top spin.

Teknik #3: Continental Grip

Metode ini sangat cocok digunakan dalam pukulan mengiris dan mendatar. Biasanya cara ini dipakai oleh pemain jaman dulu ketika raket masih terbuat dari bahan kayu. Cengkraman pegangan yang kuat terlihat mirip dengan ciri khas seperti continental.

  • Teknik Memukul Tenis

Metode #1: Servis

Servis pukulan ini digunakan pertama kali saat permainan tenis baru dimulai. Pukulan ini dapat dilakukan dengan mengangkat bola tenis ke atas dan dilakukan saat berada di belakang garis lapangan, kemudian arahkan raket ke bola dan pukul dengan keras.

Metode #2: Pukulan melambung (Lob)

Pukulan lob ini membuat bola melayang tinggi ke arah belakang pesaing. Kamu dapat menggunakan teknik ini untuk melakukan pertahanan, karena bola melambung cukup jauh sehingga lawan anda akan lama untuk mengambil bola dan itulah satu-satunya kesempatan yang dapat kalian gunakan untuk mengatur strategi.

Metode #3: Pemotong (Chop)

Yang dimaksud pukulan memotong ini adalah untuk menahan bola dari sisi lawan. Dengan memukul bola dari lawan menggunakan backhand atau forehand dengan posisi raket yang agak miring.

Metode #4: Menghantam (Smash)

Sesuai dengan namanya, pukulan yang dihasilkan sangatlah keras dari posisi atas dan menghantam lawan. Metode ini sangatlah berguna untuk strategi menyerang, karena menghantam dengan keras. Kemungkinan besar lawan tidak dapat mengembalikan bola yang kamu berikan.

Metode #5: Backhand & Forehandteknik

Backhand merupakan pukulan yang digunakan dengan posisi telapak tangan menghadap ke belakang, sedangkan forehand dilakukan dengan telapak tangan yang menghadap ke depan. Caranya adalah dengan mengayungkan raket kemudian memukul bola lawan secara tajam, keras dan menukik, lalu arahkan bola tersebut ke tempat yang kosong tetapi masih dalam jangkauan garis lapangan.

Metode #6: Volley

Pukulan ini dilakukan saat sebelum bola dari lawan berpental di lapangan. Pukulan ini digunakan saat menerima serangan dari lawan yang menggunakan smash. Kamu dapat menggunakan pukulan volley yang mudah dengan pegangan tangan forehand eastern.

  • Teknik Menerima Pukulan dari Lawan (Servis)

Teknik ini menggunakan posisi tubuh yang harus dalam sikap siaga dan waspada yang terkadang sulit untuk ditebak. Jika kamu seorang pemain tunggal, tempatkan diri di belakang garis. Kemudian posisi memegang raket harus di depan badan dan tangan lain di leher raket. Posisi berdiri dengan kaki terbuka, raket setinggi bahu dan berat badan lebih mencondong ke depan serta pandangan yang tidak boleh lepas dari arah datangnya bola.

Itulah beberapa 3 Teknik Dasar Dalam Bermain Tenis Lapangan Untuk Pemula yang harus kalian ketahui sebelum berlatih tenis. Jika kalian masih sulit untuk mempraktekkannya, ada baiknya didampingi oleh pelatih tenis yang sudah berpengalaman dan ahli dalam olahraga ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *