5 Petenis Pria Ini Yang Jadi Juara Grand Slam Terbanyak

Berbicara tentang olahraga tenis, pastinya tak bisa dilepaskan dari Grand Slam. Ya, Grand Slam sendiri merupakan salah satu titel paling bergengsi di dunia tenis profesional yang menggabungnya 4 kejuaraan tenis dunia seperti Wimbledon, Australia Terbuka, AS Terbuka, dan juga Perancis Terbuka. Nah, jika seorang atlet berhasil menjuarai keempat kejuaraan bergengsi tersebut di tahun yang sama, maka ia akan meraih gelar Grand Slam.

Grand Slam sendiri sebenarnya bukan istilah asli yang berasal dari olahraga tenis, melainkan dari permainan bridge atau kartu. Istilah ini sendiri pertama kali digunakan di dunia tenis ketika seorang wartawan asal Amerika Serikat bernama John Kieran menggunakan istilah tersebut untuk mengomentari performa seorang petenis Australia bernama Jack Crawford. Kejadian tersebut berlangsung di tahun 1933 dan hingga saat ini istilah Grand Slam pun terus digunakan.

Bisa meraih gelar Grand Slam ini jelas merupakan kehebatan tersendiri di dunia tenis. Tapi ternyata banyak petenis yang tak hanya sekali meraih gelar Grand Slam, melainkan bisa berkali-kali seperti berikut ini:

  • Roger Federer

Roger Federer

Petenis pria pertama yang memegang rekor sebagai pemenang Grand Slam terbanyak adalah Roger Federer. Sepanjang kariernya, Federer sendiri sudah memenangkan Grand Slam sebanyak 20 kali. Dalam rekornya tersebut juga termasuk 5 kemenangan berturut-turut di Wimbledon mulai tahun 2003 hingga 2007 yang sebelumnya diraih oleh Bjorn Borg di tahun 1976 sampai dengan 1980.

  • Rafael Nadal

Rafael Nadal

Di posisi ke dua petenis pria yang paling banyak memenangkan Grand Slam adalah atlet asal Spanyol. Rafael Nadal. Hingga saat ini, Nadal sendiri masih aktif di duina tenis dan bermain secara profesional selain Federer dan Djokovic di 5 nama pemenang Grand Slam terbanyak. Nadal juga memegang rekor sebagai petenis pria termuda yang meraih gelar Grand Slam yakni di usia 24 tahun. Ia juga menjadi satu-satunya pemain yang pernah memenangkan Grand Slam selama 10 tahun berturut-turut.

  • Pete Sampras

Pete Sampras

Pete Sampras merupakan petenins asal Amerika Serikat yang melakukan debutnya di tahun 1988. Atlet yang saat ini sudah berusia hampir 50 tahun ini memutuskan untuk pensiun secara profesional pada 25 Agustus 2003 silam. Sampre sendiri terkenal dengan single handed backhand-nya, alias pukulan backhand yang hanya  menggunakan satu tangan saja. Namun meski hanya memakai satu tangan, pukulan backhand Sampras terkenal sangat powerful.

  • Novak Djokovic

Novak Djokovic

Nama Novak Djokovic sudah pasti tak bisa dilepaskan dari salah satu petenis pria pemenang Grand Slam terbanyak. Selama kariernya, Djokovic berhasil memenangkan 14 kali titel Grand Slam yang terdiri dari 6 kali juara Australia Terbka, 4 kali juara Wimbledon, 3 kali juara US Terbuka, dan 1 kali juara Perancis Terbuka. Hingga saat ini, Djokovic masih bercokol di posisi pertama ATP dunia.

  • Roy Stanley Emerson

Roy Stanley Emerson

Roy Stanley Emerson merupakan salah satu pemain tenis yang sudah pensiun dan menjadi peraih titel Grand Slam terbanyak. Emerson memulai kariernya dengan sangat  mulus dan ia berhasil menjadi satu-satunya petenis pria yang berhasil meraih gelar Career Grand Slam untuk gelar single dan double.