Biografi Rafael Nadal

Siapa yang tak kenal dengan Rafael Nadal? Saat ini petenis asal Spanyol ini tercatat sebagai pemain terbaik ke dua versi Association of Tennis Professionals. Posisinya saat ini tepat berada di bawah Novak Djokovic. Dalam dunia tenis, Nadal sendiri tak diragukan kemampuannya. Ia meraih 17 kali titel Grand Slams, dan merupakan petenis pria ke dua terbanyak yang meraih gelar tersebut. Ia juga berhasil memenangkan 33 gelar ATP World Tour Masters 1000 Titles, 20 gelar ATP World Tour 500 Tournaments, dan memenangkan medal emas di Olimpiade 2018.

Sedangkan untuk kompetisi utama, Nadal telah 11 kali menjuarai French Open, 3 kaoi memenangkan Amerika Serikat Terbuka, 2 Wimbledon, dan satu Australia Open. Selain itu, Nadal juga memenangkan 57 gelar di clay court termasuk di antaranya 11 gelar French Open. Tak hanya itu saja, Nadal juga berhasil menjuarai Spain Davis Cup di tahun 2004, 2008, 2009, dan juga 2011. Di tahun 2010 lalu, Nadal berhasil menjadi pemain ke tujuh dan yang termuda dalam meraih Career Grand Slam yaknin pada usia 24 tahun.

Meski merupakan seorang pemain tenis profesional, yang tak banyak diketahui orang adalah ia merupakan salah satu penggemar fanatik sepak bola. Nadal merupakan salah satu fans fanatik dari Real Madrid. Dan tak cuma itu saja, ia ternyata juga memiliki saham di salah satu klub Spanyol, RCD Mallorca. Memiliki saham lebih dari 10 persen, Nadal pernah ditawari posisi sebagai vice president di RCD Mallorca namun ia menolaknya.

Dan Nadal tentu saja juga merupakan penggemar dari tim sepak bola nasional Spanyol. Bahkan karena hal tersebut, Nadal merupakan satu di antara 6 orang yang tidak ada hubungannya dengan timnas Spanyol namun diperbolehkan masuk ke locker room pada final Piala Dunia 2010 lalu. Selain kegemarannya akan sepak bola, Nadal sendiri juga dikenal sangat perhatian terhadap alam. Ia pernah ambil bagian dalam sebuah project bernama A Million Trees For The King yang diselenggarakan di Thailand. Seperti namanya, acara ini bertujuan untuk melakukan pelestarian alam melalui penanaman pohon selama Thailand Open 2010 lalu.

Rafael Nadal

Nadal juga membuat sebuah lembaga amal bernama Fundacion Rafa Nadal pada bulan November 2007 lalu. Lembaga ini berfokus pada aktivitas sosial dan juga pengembangannya terutama untuk anak-anak dan remaja. Nadal sendiri berkeinginan untuk bisa benar-benar melakukan banyak hal bersama lembaga yang dibentuknya, termasuk saat ia sudah pensiun nanti. Sebelumnya, Nadal memang diketahui ikut serta dalam beberapa kegiatan amal misalnya saja penggalangan dana untuk membantu korban penyakit Malaria yang ada di India. Ia sendiri juga diketahui memiliki sebuah akademi tenis di India.

Untuk urusan kehidupan pribadi, Nadal termasuk yang tidak suka membuat sensasi. Ia diketahui tinggal bersama kedua orang tua dan adik perempuannya dalam sebuah apartemen lima tingkat di kota kelahirannya, Mallorca. Namun belakangan beredar kabar kalau sebenarnya orang tua Nadal sudah berpisah dan tak lagi tinggal seatap.