Ingin Mengenal Lebih Dekat Dengan Novak Djokovic?

Ingin Mengenal Lebih Dekat Dengan Novak Djokovic?. Novak Đoković, yang kemudian sering ditulis menjadi Novac Djokovic adalah petenis profesional asal Serbia.

Namanya melambung sejak mengalahkan Carlos Moya di perempat final US Open tahun 2007, namun sayangnya di babak final Novak Djokovic dikalahkan oleh Roger Federer. Novak lahir di Serbia pada tanggal 22 Mei 1987 dari pasangan Srdan dan Dijana Djokovic. Ia membuktikan dirinya sebagai pemain tenis yang bertalenta.

Pada tahun 2006 Djokovic mengikuti Hopman Cup sebagai pemain ganda. Pada tahun yang sama, peringkat yang ia dapat baru mencapai peringkat 78. Kemudian berkat mengalahkan Roland Garros pada perempat final Wimbledon, peringkatnya kemudian naik menjadi peringkat 49. Tiga minggu setelahnya, Djokovic menjadi juara satu di Amersfoot setelah mengalahkan Nicolas Massu di final. Lalu Djokovic merangkak naik peringkat 20 dunia nomor tunggal setelah menjadi juara 1 di Metz cup.

Tahun 2007,  ia mencapai peringkat 10 besar dunia di nomor tunggal setelah performanya di ajang Masters Series Indian Wells dan Miami. Di situ Novak menjadi runner up dan pemenang.  Pemain tenis asal Serbia ini banyak mengalahkan para pemain tenis hebat dunia seperti Guillermo Canas, Richard Gasquet, Rafael Nadal dan banyak petenis lainnya.

novak djokovic

Novak Djokovic juga pernah terpilih sebagai atlet atlet paling populer di Serbia juga memenangkan penghargaan Oscar Of Popularity pada tahun 2009 dan 2010. Ia juga sering diundang ke berbagai macam talkshow untuk menceritakan kisah hidupnya dan kesuksesannya dalam permainan tenis. Berikut adalah penghargaan yang pernah diterima oleh Novak Djokovic.

  • 2007, merupakam runner-up di U.S Open melawan Roger Federer
  • 2008, Juara Pertama di Australian Open melawan Jo-Wilfried Tsonga
  • 2010, Runner-up di US Open melawan Rafael Nadal
  • 2011, Juara Pertama di Australian Open melawan Andy Murray, US Open melawan Rafael Nadal dan Wimbledon melawan Rafael Nadal
  • 2012, Juara Pertama di Australian Open melawan Rafael Nadal

Di tahun 2006, pemain tenis ini membawa dirinya dan seluruh keluarganya untuk pindah ke Inggris sebagai dedikasi serta keseriusannya dalam dunia tenis. Tahun 2011 merupakan tahun keemasan bagi Djokovic, sebab pada tahun itu ia berhasil meraih peringkat nomor 1 dunia oleh Association of Tennis Professionals (ATP). Otomatis ia adalah pemain asal Serbia pertama yang berhasil menduduki peringkat tersebut. Pada tahun 2015 dan 2016 lalu, Djokovic berhasil mengalahkan Andy Murray dalam Australia Open.

Novak Djokovic mampu menjadi pemain tenis lapangan yang hebat bukan karena sebab. Djokovic dilahirkan dari ayah yang seorang mantan pemain sepak bola. Sementara sebagian besar keluarganya yang lain seperti paman atau bibinya merupakan pemain ski profesional. Ia berada dalam lingkungan keluarga yang notabene merupakan seorang atlit.

Karirnya sebagai pemain tenis dimulai sejak dirinya berusia kurang dari 14 tahun, kejuaraan pertama yang ia ikuti adalah kejuaraan piala davis yang mampu ia tembus sampai babak final. Setelahnya ia mengikuti turnamen Fuures and Challenger dan ajaibnya ia mampu memenangkan pertandingan itu selamatiga tahun berturut-turut dari tahun 2003 sampai 2005. Lalu pada usia 16 tahun, Djokovic mengikuti perlombaan yang diaakan oleh Association Of Tennis Professional (ATP) tahun 2005. Namun sayang, dalamkejuaraan itu ia tidak menang.

Itulah sekilas mengenai Novak Djokovic, pemain tenis asal Serbia yang sempat menjadi peringkat nomor 1 dunia versi ATP. Semoga dapat menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *