Latihan Fisik di Lapangan Untuk Para Petenis Pemula

Latihan Fisik di Lapangan Untuk Para Petenis Pemula. Tidak hanya dalam olahraga sepakbola saja, dalam permainan tenis lapangan pun sangat diperlukan latihan fisiknya. Latihan ini bertujuan agar meningkatkan kualitas fisik tubuh seseorang. Kualitas yang didapatkan merupakan kemampuan tubuh seseorang untuk menjalankan serangkaikan tugas fisik. Dibawah ini terdapat sejumlah latihan fisik yang harus kalian lakukan sebelum bermain tenis, antara lain:

Latihan Fisik di Lapangan Untuk Para Petenis Pemula

  • Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatnya daya tahan tubuh dapat menjadikan seseorang bekerja menjadi lebih maksimal. Walaupun kerjaan yang dilakukan sangat berat dan berada dalam jangka waktu yang panjang dan dapat mengurangi kesalahan yang dilakukan. Inilah kegiatan yang harus dilakukan:

  1. Jogging
  2. Latihan lapangan
  3. Latihan Bermain
  • Tingkatkan Kelincahan

Kelincahan sangat dibutuhkan dalam olahraga tenis lapangan. Latihan ini merupakan poin paling penting selain daya tahan fisik tubuh. Dengan kelincahan artinya setiap pemain dapat melakukan pengubahan arah tubuh dengan cepat dan tetap stabil juga seimbang. Setiap petenis pasti membutuhkan kelincahan, apalagi saat sudah melawan lawan yang akan memukul bola ke arah yang tidak dapat ditebak. Berikut ini adalah kegiatan yang dapat meningkatkan kelincahanmu:

  1. Lari Bolak-balik
  2. Larti Maju Mundur
  3. Latihan lari zig-zag
  4. Hexagon drill
  5. Dan beberapa latihan yang serupa dengan gerakan tenis
  • Tingkatkan Kelenturan Badan

Kelenturan seorang pemain dalam permainan tenis juga dapat diartikan sebagai salah satu keluasan dalam bergerak dengan optimal oleh sendi tubuh. Latihan kelenturan diperlukan agar seorang pemain dapat menjangkau bola-bola yang jauh. Karena jika seorang pemain tidak memiliki kelenturan tubuh yang maksimal, maka akan sulit untuk menjangkau bola-bola tersebut. Dibawah ini adalah kegiatan yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan kelenturan tubuh:

  1. Stretching
  2. Latihan Servis
  • Tingkatkan Kecepatan

Dalam olahraga tenis lapangan, memiliki kecepatan yang baik dapat membuat pemain berpindah dari satu titik ke titik lainnya dalam waktu yang singkat. Karena dalam permainan tenis pemain perlu berpindah-pindah posisi secara terus-menerus. Hal ini yang membuat latihan kecepatan sangat diperlukan. Latihan yang dapat meningkatkan kecepatan adalah dengan lari bolak-balik.

  • Tingkatkan Kekuatan

Setiap petenis lapangan sangat mengharuskan untuk meningkatkan kekuatan, karena dengan memiliki kekuatan otot yang baik, pemain dapat menahan beban-beban tertentu. Semakin kuat seseorang menahan beban tersebut, maka semakin juga orang tersebut untuk memukul bola. Berikut ini adalah latihan yang dapat meningkatkan kekuatan, antara lain adalah:

  1. Latihan Beban Tubuh Sendiri
    Melatih kekuatan dengan beban tubuh sendiri tanpa adanya bantuan beban tambahan dapat dilakukan oleh setiap petenis. Hal yang perlu dilakukan dengan memanfaatkan beban tubuh sendiri adalah dengan:
    – Melakukan hipress-up alias mengangkat dan juga sekaligus menekan pinggul
    – Melakukan latihan memindahkan kedua kaki ke posisi kiri dan kanan dengan posisi tidur
    – Mengayuh sepeda dengan posisi tiduran
  2. Latihan Dengan Beban Tambahan
    Latihan meningkatkan kekuatn fisik lainnya adalah dengan memanfaatkan bantuan beban tambahan dari luar. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan latihan fisik beban tambahan:
    – Latihan Meningkatkan Otot lengan, Otot Dada dan Otot Bahu depan
    – Otot Dada Bagian bawah berguna agar mampu bergerak lebih baik
    РLatihan Meningkatkan Otot Bahu sangat berguna untuk gerakan service dan juga backhand
    – Meningkatkan Otot Punggung
    – Latihan Meningkatkan kekuatan Otot Paha Belakang

Itulah latihan-latihan yang harus kalian lakukan untuk meningkatkan fisik dalam permainan tenis lapangan. Tujuannya adalah agar setiap pemain bisa lebih maksimal dan terampil selama bermain.

BACA JUGA: Tips dan Trik Dalam Memilih Raket Tenis Lapangan

2 thoughts on “Latihan Fisik di Lapangan Untuk Para Petenis Pemula

    • Yap, adreas. Latihan ini hanya direkomendasikan untuk para petenis lapangan. Alo untuk atlet bulu tangkis beda lagi, lebih baik konsultasi dengan yang lebih profesional dalam bidangnya. tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *