Mengenal Andy Murray, Petenis Berbakat Skotlandia

Mengenal Andy Murray, Petenis Berbakat Skotlandia. Olah raga tenis lapangan merupakan olahraga yang menyenangkan, dapat dimainkan tunggal satu lawan satu atau ganda berpasangan. Olahraga ini juga dilombakan dalam berbagai lomba. Salah satu atlit tenis lapangan yang hebat adalah Andy Murray. Memiliki nama asli Andrew Andy Murray, lahir di Skotlandia pada tanggal 15 Mei 1987. Murray merupakan pemain tenis dari Britania Raya Skotlandia dengan ranking paling tinggi di nomor tunggal. Andy Murray mulai dikenal namanya sebagai salah satu pemain tenis terbaik dunia setelah menjadi juara satu dan meraih medali emas Olimpiade London 2012.

andy murray

Awal mula karier Andy Murray sebagai pemain tenis adalah, pada umur awal belasan Murray merupakan anggota tim junior tennis di klub next generation di kota Newhaven, Edinburgh di mana ia sering menghabiskan waktu untuk bermain tenis di sana.

Ketika umurnya 14 tahun, Murray pindah ke Barcelona, Spanyol. Di sana ia bersekolah di Schiller International School dan mengambil ekstrakurikuler tenis. Ia biasa dilatih tenis di lapangan tanah liat Sanches-Casal Academy. Murray memenangkan pertandingan tunggal putra pada US Open tahun 2004, lalu memenangkan BBC Young Sports Personality of The Year. Pada tahun 2005, Murray menjadi pemain ganda untuk piala davis Britania Raya melawan israel. Murray berpasangan dengan David Sherwood, mereka menang atas tim ganda Israel pada waktu itu. Pertandingan tersebut membawa Murray pada peringkat 8 dunia dalam nomor ganda.

Pada tahun 2012, Andy Murray meraih prestasi medali emas berkat menjuarai US Open tahun 2012. Itu merupakan gelar grand slam pertama dalam hidup Murray. Selanjutnya di tahun 2013, Murray mencetak sejarah dalam dunia tenis Britania Raya dengan menjadi petenis pertama yang memenangkan Wimbledon sejak tahun 1963. Sebelum-sebelumnya tak ada satu pun petenis yang mampu memenangkan perlombaan tersebut.

Sayangnya, dua tahun setelaahnya prestasi Andy Murray agak menurun akibat beban moral untuk bermain tenis sebaikmungkin serta menjadi juara dalam setiap pertandingan yang ia lakoni. Hal tersebut menurut Murray akibat dari rasa pecaya publik padanya yang membuat ia merasa memiliki tanggung jawab besar.

Baru pada tahun 2015, Murray menanjak naik kembali dalam hal performa. Pada tahun tersebut ia mampu mencapai babak final Australia Open berkat bimbingan pelatih barunya Amelie Mauresmo. Akhirnya Andy Murray memenangkan piala davis, setelah Britania Raya gagal selama 79 tahun untuk meraih kemenangan tersebut.

Saat ini Andy Murray merupakan pemain tenis terbaik nomor 2 dunia versi ATP. Tahun 2016, ia menggandeng Ivan Lendl sebagai pelatihnya, hasilnya Murray menjadi Runner Up di Australia Open dan Pranscis Open. Selain itu, ia juga menjadi juara Wimbledon untuk kedua kalinya. Sampai pada tahun 2016, Murray telah memenangkan 39 gelar individual dalam permainan tenis, termasuk tiga gelar Grand Slam, serta mampu menempati peringkat kedua dunia.

Andy Murray memiliki darah atlet yang berasal dari kakeknya. Kakek Murray bernama Roy Erskine merupakan mantan pemain sepak bola di Scottish Football League untuk tim Stirling Albion dan Cowdenbeath pada waktu mudanya. Tak heran Andy Murray mampu bermain secara apik dalam tenis.

Bukan hanya faktor keberuntungan saja, serta darah atlit yang mengalir dalam tubuh Murray, pencapaian yang didapatnya merupakan buah dari konsistensi serta kerja keras Murray sendiri. itulah tadi sedikit ulasan mengenai pemain tenis hebat asal Skotlandia, Andy Murray. Semoga bermanfaat.

1 thought on “Mengenal Andy Murray, Petenis Berbakat Skotlandia

  • udah ganteng berprestasi mantep banget deh andy murray, semoga andy selalu berada di peringkat 1!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *