Peraturan Dasar Dalam Olahraga Tenis Lapangan Secara Umum

Peraturan Dasar Dalam Olahraga Tenis Lapangan Secara Umum. Lapangan Tenis dibagi menjadi dua oleh sebuah jaring di tengahnya. Tinggi jaring tersebut 91.4 cm dan pinggirannya 107 cm. Setiap paruh lapangan tenis pasti terbagi menjadi tiga segi. Dua segi depan (untuk service) dan satu segi belakang.

Peraturan Dasar Dalam Olahraga Tenis Lapangan Secara Umum

Setiap lapangan dan beberapa segi dipisahkan oleh garis putih yang merupakan bagian dari tempat lapangan bermain. Di bawah ini adalah beberapa peraturan dasar dalam olahraga tenis lapangan secara umum:

  • Skoring

Skoring adalah dasar peraturan yang harus kalian pahami dalam permainan tenis ini. Berikut ini adalah istilah standar perhitungan skor yang digunakan dalam tenis adalah:

– Nol
– 15
– 30
– 40
– Game

Jika terjadi hasil skor imbang dengan poin 40, maka kedua pemain harus berusaha untuk merebut 2 poin beruntun untuk merebut permainan. Ini disebut dengan deuce dan pemain yang memenangkannya hanya mendapatkan 1 angka dan harus bisa mengumpulkan sampai merebut 6 permainan.

Jika memiliki skor imbang dengan poin 5-5, maka permainan akan tetap berlanjut sampai ke-7. Apabila permainan masih juga imbang dengan poin 6-6, maka permainan akan terus berlanjut dan dihitung Tie Break. Tie Break akan mulai dihitung pada skor 6-6 dan pemain yang mendapatkan giliran serve pertama akan dimulai dari sisi lapangan sebelah kanan posisi pemain (deuce court) satu giliran, kemudian serve berpindah pada lawan yang dimulai dari sisi sebelah kiri lapangan (ad court) dua giliran  dan keduanya memperoleh dua kali kesempatan untuk melakukan serve.

Apabila pemain telah berhasil memenangkan permainanya hingga ke-6 atau seperti yang disebut di atas, maka pemain tersebut telah berhasil merebut 1 set. Berikut ini adalah standarisasi sistem yang biasa dipakai secara umum, yaitu:

– Best Of Five    : Untuk memenangkan permainan, pemain membutuhkan 3 set.
– Best Of Three : Untuk memenangkan permainan, pemain membutuhkan 2 set.

  • Penerima dan Servis

Servis merupakan pukulan pembuka sebuah poin yang dilakukan oleh pemain di posisi deuce court sedangkan penerima adalah pemain yang mendapatkan pukulan serve dari sisi diagonal dari lawan atau sama-sama berada di posisi deuce court. Pemain yang mendapatkan giliran service diharuskan memukul bola ke arah deuce court lawan dalam daerah line service.

Setiap pemain mendapatkan kesempatan dua kali untuk melakukan service. Apabila service yang dilakukan mengenai net dan jatuh di area service line lawan, maka service akan diulang. Untuk double, pemain yang melakukan service pertama akan ditentukan sebelum permainan dimulai dan begitu juga untuk penerima. Setelah permainan selesai, maka bergantian penerima yang akan menjadi pemegang service dan akan rotasi terus untuk kedua pemain.

  • Daerah dan Garis dalam Permainan

Untuk permainan single atau perorangan, tempat permainan adalah di dalam zona minus daerah alley, sedangkan untuk permainan double atau ganda, garis permainannya melingkupi seluruh lapangan dalam garis baseline. Garis tersebut merupakan batas dari tempat permainan. Apabila semua bagian ataupun sebagian dari bola menyentuh garis tersebut, maka bola dianggap masuk karena bola telah menyentuh garis lapangan yang sudah dibatasi.

  • Poin

Seorang pemain akan dinyatakan kehilangan poin apabila:

– Tidak boleh memukul bola lebih dari satu kali apabila bola sudah menyentuh tanah
– Melakukan kesalahan pada servis dua kali
– Memukul bola dan jatuh di luar garis permainan
– Pemain yang mendapatkan giliran servis memukul bola terlebih dahulu sebelum bola memantul
– Pemain sudah memukul sebelum bola melintasi net
– Seorang pemain menggunakan raketnya menyentuh bagian dari net ataupun bagian badannya saat permainan masih berlangsung
– Pemain sengaja memukul bola lebih dari dua kali pukulan
– Bola mencapai raket tetapi pemain tidak memegang raket
– Bola menyentuh bagian apapun dari tubuh terkecuali raket tenis
– Dalam permainan ganda, kedua pemain dengan raketnya sekaligus menyentuh bola

Itulah Peraturan Dasar Dalam Olahraga Tenis Lapangan Secara Umum yang harus kalian pahami sebelum bermain tenis. Semoga artikel ini dapat membantu anda para pemula yang baru ingin menikmati permainan olahraga tenis ini.

1 thought on “Peraturan Dasar Dalam Olahraga Tenis Lapangan Secara Umum

  • makasih buat moseleytennis, berkat artikel ini saya jadi tau peraturan tenis yang tidak boleh dilanggar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *