Tips dan Trik Dalam Memilih Raket Tenis Lapangan

Tips dan Trik Dalam Memilih Raket Tenis Lapangan. Faktor yang paling mendukung dan wajib dipenuhi dalam permainan olahraga adalah prasarana dan sarananya. Hal ini dapat meningkatkan kualitas bermain anda jika menggunakan peralatan yang memenuhi standar. Raket adalah salah satu peralatan yang paling penting dalam olahraga tenis lapangan, karena akan berfungsi sebagai alat pemukul bola.

Untuk kalian para pemula dalam bidang olahraga tenis lapangan ini, kalian dapat menggunakan peralatan yang sederhana. Tetapi sangat dianjurkan untuk langsung menggunakan raket tenis lapangan dalam olahraga tenis. Harga raket tenis di pasaran juga memiliki harga yang terjangkau, jadi kalian tidak perlu khawatir akan keuangan kalian yang akan terkuras. Berbeda jika kalian ingin membeli raket tenis dengan merek seperti ADIDAS, WILSON, HEAD, maka kalian juga harus persiapkan keuangan kalian juga, karena harganya cukup tinggi.

Tips dan Trik Dalam Memilih Raket Tenis Lapangan

Berikut ini kami akan memberikan sedikit tips dan trik dalam memilih raket tenis lapangan yang tepat:

  • Hal pertama yang harus diperhatikan adalah permainan tenis yang kalian jalani sudah sampai dimana dan apakah kalian sudah memahami semuanya. Jika anda masih belum paham maka sangat disarankan untuk menggunakan raket yang memiliki beban yang ringan. Namun untuk anda yang sudah profesional di bidang ini, kalian dapat menggunakan raket dengan beban yang berat.
  • Hal kedua yang harus kalian ketahui adalah memilih pegangan grip yang nyaman. Untuk ukuran orang dewasa biasanya berkisar antara 10-12 cm (4-4 5/8 inch). Agar kalian bisa mendapatkan pegangan yang nyaman, gunakanlah tangan dominan seperti biasa anda memegang raket saat bermain. Jika ruang pegangan raket tersisa banyak berarti pegangan raket terlalu besar.
  • Setelah itu perhatikan panjang raket tersebut, biasanya panjang raket tradisional 69-71 cm (27-28 inch). Kalian juga bisa mendapatkan raket yang lebih panjang sampai 74 cm (29inch). Semakin panjang sebuah raket maka semakin besar pula daya pukulan saat mengayunkannya. Tetapi letak kekurangannya, raket kurang bermanuver dan susah untuk melakukan bidikan. Untuk para pemula sangat disarankan untuk menggunakan raket yang berukuran normal 69cm (27inch).
  • Untuk anda yang baru saja memulai dalam permainan olahraga tenis, gunakanlah raket yang memberikan banyak power tanpa harus berlebihan mengayunkannya. Carilah raket yang hampir mendekati spesifikasinya dan sesuai dengan kebutuhan anda seperti keseimbangan berat di kepala raket. Raket dikatan seimbang apabila panjangnya 69 cm, beratnya 255-284 gram (ringan) dan ukuran kepala raket 684-761 cm.
  • Bagi yang mempunyai tubuh atletis ataupun postur tubuh besar. sesuaikan diri anda dengan cara membeli raket yang ukuran kepalanya lebih kecil. Biasanya untuk yg baru memulai dalam olahraga tenis ini sangat menyukai raket tenis kecil karena lebih ringan dan mudah untuk dikendalikan.
  • Kenali dahulu bentuk raket seperti:
    • Power/Game Improvement Raket: Bentuk lebih panjang, kepala besar dan beratnya yang ringan. Biasanya raket tipe ini digunakan oleh para pemula dan menengah atau bagi pemain yang ingin memukul bola dengan sedikit tambahan tenaga.
    • Control Palyer Raket: Raket tipe ini memilik tekstur kepala yang kecil, tujuannya agar memberikan kontrol yang maksimum. Umumnya raket ini memiliki beban yang lebih berat daripada raket jenis lainnya. Untuk ukurannya bisa lebih panjang dan pendek.
    • Tweneener Raket: Raket ini biasanya dipakai oleh pemain dengan tingkat keterampilan tinggi atau yang sudah profesional. Raket ini memiliki keseimbangan kontrol, tenaga dan kemampuan bermanuver yang baik.

Itulah sedikit tips dan trik yg dapat kalian terapkan sebelum membeli raket. Hal ini bertujuan agar menghindari kesalahan dalam permainan olahraga tenis lapangan.