usai kalah Maria Sharapova Siapkan Diri Ikuti 3 Turnamen Sekaligus

Selain Serena Williams yang menjadi salah satu unggulan menang di ajang US Open Women 2018, Maria Sharapova juga terlebih dahulu tersingkir dari gelaran tersebut pada babak 16 besar. Tersingkirnya Sharapova tersebut karena kalah dari petenis asal Spanyol, Carla Suarez Navarro.

Namun terkesan ingin benar-benar move on dari kekalahannya di US Open 2018 tersebut, kabarnya Sharapova akan langsung menggenjot keberuntungannya dengan mengikuti 3 turnamen langsung secara berturut-turut pada bulan Oktober 2018 nanti. Sharapova berharap agar dapat menutup musim dengan bagus walaupun belum mampu untuk merangsek setidaknya ke posisi 5 besar dunia WTA.

3 turnamen yang akan diikutinya tersebut adalah China Open 2018 yang akan diikuti 47 petenis wanita peringkat atas dunia, kemudian Tianjin yang mana Sharapova adalah juara bertahannya dan yang terakhir adalah turnamen yang digelar di Moscow, Rusia . Khususnya untuk yang digelar di Moscow dari tanggal 15 sampai 20 Oktober 2018 itu, bakal menjadi kali pertama untuk Sharapova sejak tahun 2007.

usai kalah Maria Sharapova Siapkan Diri Ikuti 3 Turnamen Sekaligus

Namun sebenarnya Sharapova mengaku bahwa target awalnya adalah 2 turnamen tersebut saja, China Open 2018 dan Tianjin, namun dikarenakan ada turnamen lain yang digelar di negara asalnya, maka mau tidak mau dia juga harus mengikutinya.

“Saya sebelumnya hanya akan bertanding di 2 turnamen itu saja, akan tetapi karena ada yang digelar di Moscow, maka saya akhirnya ikut. Jika saja bukan Moscow, maka saya tidak akan bermain,” kata Sharapova.

Hanya saja, sebelum mengikuti 3 turnamen tersebut, Sharapova mengambil libur terlebih dahulu dan melewatkan kompetisi serupa yang digelar di Wuhan Open 2018. Dan untuk turnamen yang digelar di Moscow, Sharapova akan bertarung melawan beberapa petenis yang sama-sama berasal dari Rusia, yaitu Karolina Pliskova, Daria Kasatkina dan Kiki Bertens.

usai kalah Maria Sharapova Siapkan Diri Ikuti 3 Turnamen Sekaligus

Karolina Pliskova

usai kalah Maria Sharapova Siapkan Diri Ikuti 3 Turnamen Sekaligus

Daria Kasatkina

usai kalah Maria Sharapova Siapkan Diri Ikuti 3 Turnamen Sekaligus

Kiki Bertens

 

Selain melewatkan Wuhan Open 2018, Sharapova  juga mundur dari turnamen-turnamen tenis yang digelar di Cincinnati, San Jose, Burmingham, Miami dan Dubai sebelumnya. Dengan tidak mengikuti sejumlah turnamen tersebut, maka sulit rasanya untuk dapat bersaing dengan petenis-petenis wanita lain yang sudah mengumpulkan banyak poin.

Di musim 2018 ini, Sharapova mengikuti sejumlah turnamen tingkat dunia lainnya, seperti Qatar Total Open, BNP paribas Tennis Open Indian Wells, Porsche Tennis Grand Prix, Mutua Madrilena Madrid Open, Telecom Italia Masters Rom, Frenc Open Women, Wimbledon Women, Rogers Cup dan yang paling akhir adalah US Open Women.

Uniknya dari semua turnamen yang diikutinya itu, dengan membawa nama besarnya sendiri sebagai mantan petenis nomor satu dunia, justru belum ada satupun yang dimenangkan oleh Sharapova. Prestasi terbaiknya sepanjang musim 2018 ini adalah menjadi finalis di Australian Open Women dan kalah dari Angelique Kerber dengan skor 6-1 dan 6-3, kalah dari Naomi osaka di final BNP Paribas Tennis Open Indian Wells dengan skor 6-4 dan 6-4, serta yang terakhir adalah kalah di partai final Wimbledon 2018 dari petenis senegaranya, Vitalia Diatchenko dengan skot 6-7, 7-6 dan 6-4.

Sampai sekarang ini, Sharapova berada di urutan ke-24 dunia dengan 2003 poin setelah sebelumnya mengawali musim dari peringkat 45. Untuk melaju ke urutan 10 besar saja, Sharapova harus bersaing dengan banyak petenis wanita hebat lainnya, seperti Venus Williams dan Serena Williams sampai dengan G Muguruza.

Sharapova sendiri mengawali musim 2018 ini dengan target yang tidak muluk-muluk karena merasa realistis dengan peringkat yang didapatkannya serta banyaknya petenis wanita yang hebat yang menjadi pesaingnya sekarang.